Silahkan bergabung ke Grup Telegram kami. Gabung Sekarang!

Search Suggest

MENJADI GURU PARIPURNA BERSAMA * IGI *

 

Mengawali tulisan ringkas dan sederhana ini, izinkan saya mulai dengan sebuah pantun dan puisi  

-       Jikalau Tuan Membeli Terasi

-       Jangan Lupa Membeli Ragi

-       Jikalau Tuan ingin Berprestasi

-       Ayo Gabung ke Orprof IGI

( Mengapa AKU Memilih IGI )

Di IGI Aku Temukan Pasion

Di IGI Aku Temukan Wadah Belajar Efektif

Di IGI Aku Temukan Sahabat seperti Saudara

Di IGI Aku Temukan saudara dari Sabang sampai Marauke, dari Miangas sampe pulau Rote.

Di IGI Aku Temukan Pimpinan seperti orang tua

Di IGI Aku Temukan Ragam Karakter Guru

Di IGI Aku Temukan Orang-Orang Hebat lagi Rendah Hati

Di IGI Aku Temukan Pembelajar Sejati yang tak kenal lelah dalam menimba ilmu

Di IGI Aku Temukan Wadah yang tak hanya sebatas Wadah Berkumpul

Di IGI Aku Temukan Wadah yang tak melulu membincang HAK Saja,

Tetapi antara HAK dan KEWAJIBAN Sebagai Pendidik menjadi perbincangan hangat setiap event

Di IGI Aku Temukan Wadah untuk menjadi orang yang bertanggung jawab dan di latih agar senantiasa menebar kebermanfaatan kepada semua.

Di IGI Aku Temukan salah satu Organisasi Profesi Guru yang titik Fokus nya Hanya Satu yaitu

Meningkatkan Kompetensi Mutu Guru

Di IGI Aku Temukan Motto yang Unik dan Langka “ Share And Growing Together

Pokok nya IGI Is The Best Lah…..Mengapa AKU Memilih IGI…

( Lubuk Kertang, 10 Juli 2023 )

Ide Awal mengapa tulisan ringkas ini sampai kepada pembaca sekalian adalah dari sebuah diskusi ringan di dalam grup WA, dari diskusi tersebut akhir nya sampailah kepada kesimpulan untuk mempublikasikan tulisan ini, walaupun masih pada tahap di medsos atas berbagai tanggapan, harapan serta cita-cita mulia dan berbagai  komentar 16 orang guru-guru  hebat dari berbagai daerah, saya hanya mengajukan 2 pertanyaan penting yang perlu dibahas, didiskusikan dan selanjutnya menjadi sebuah tulisan yang dapat dibaca oleh semua orang. Adapun pertanyaan nya adalah :

1. Mengapa Bapak dan Ibu ikut Organisasi Profesi Guru ?

2. Mengapa Bapak dan Ibu memilih IGI sebagai Orprof Guru ?

Kita ketahui bersama bahwa tugas guru sebagai tenaga pendidik tidaklah mudah, hanya orang-orang pilihanlah yang sanggup melaksanakan tugas mulia dan berat ini, tugas mulia yang dilakoni oleh  guru, yang mana mereka mampu menerangi kegelapan dan membawa generasi muda keluar dari dunia kebodohan dan ketidaktahuan. Oleh karena itu, wajar kiranya kita memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi nya kepada guru-guru yang bersedia mengajar tanpa mengenal lelah, mendidik, melatih, mengevaluasi hasil UJIAN serta memberi tauladan kepada para peserta didik, dengan harapan kualitas mutu SDM Indonesia semakin baik berkat dedikasi dan bimbingan para guru di Indonesia.

Tentu nya dengan perkembangan Zaman peran guru semakin di butuhkan untuk memperbaiki kualitas SDM di Indonesia, sesuai Amanah UU serta peraturan pemerintah bahwa ada HAK dan Kewajiban yang sebaik nya diketahui dan kemudian dilaksanakan oleh tenaga pendidik dengan sebaik-baik nya. Salah satu kewajiban guru adalah senantiasa agar terus belajar serta mengupgrade wawasan dan pengetahuan terutama yang berkaitan tentang pendidikan di era global saat ini.

Selain itu juga guru di harapkan dapat bergabung di salah satu organisasi profesi guru di Indonesia, dengan tujuan utama sebagai wadah menyalurkan aspirasi guru serta wadah atau tempat saling belajar serta berbagi pengetahuan antar sesama pendidik guna meningkatkan kompetensi guru. Selain itu tak kalah juga semakin banyak nya problematika serta dinamika yang terjadi di dunia pendidikan dan guru, seperti permasalahan bagaimana kualitas guru bisa meningkat sesuai dengan era global dan perkembangan IT, jenjang karir guru, kesejahteraan serta perlindungan guru dalam melaksankan tugas mulia ini, sudah sepantas nya seorang guru bergabung di salah satu ORPROF GURU. Pernahkah kita mendengar sebuah ungkapan yang begitu bijaksana   Bersatupadu  lebih baik dari pada sendiri-sendiri.

A.    Sejarah Ikatan Guru Indonesia

Ikatan Guru Indonesia (IGI) adalah organisasi profesi guru yang didirikan berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. IGI terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM melalui SK Depkumham Nomor: AHU-125.AH.01.06.Tahun 2009, tanggal 26 November 2009. IGI sebagai sebuah organisasi profesi bersifat independen, netral, dan mandiri dengan visi memperjuangkan mutu, profesionalisme dan kesejahteraan guru Indonesia, serta turut secara aktif mencerdaskan kehidupan bangsa.

Demi mewujudkan visi di atas maka IGI mengajak para guru, kepala sekolah, pemerhati pendidikan, serta semua komponen masyarakat yang memiliki kepedulian pada dunia pendidikan, bersedia memperluas wawasan dan saling berbagi pengalaman untuk bersama-sama IGI memajukan dunia pendidikan Indonesia. Setiap anggota IGI akan mendapatkan Kartu Anggota sebagai identitas keanggotaan. Kartu Anggota dikeluarkan oleh Pengurus Pusat dan berlaku seumur hidup sepanjang memenuhi ketentuan peraturan organisasi.

Setiap anggota IGI akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

·       Memiliki kewajiban dan hak sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan organisasi

·       Mendapatkan prioritas dan diskon dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan IGI

·       Mendapatkan diskon untuk berbelanja di berbagai merchant yang menjadi mitra IGI

 

Keanggotaan IGI bersifat sukarela dan terbuka. IGI memiliki anggota-anggota yang terdiri dari :

·       Anggota biasa, yaitu Warga Negara Indonesia yang berlatar belakang pendidikan keguruan dan berlatar belakang pendidikan lainnya yang berprofesi sebagai guru

·       Anggota luar biasa yaitu Warga Negara Indonesia yang memiliki latar belakang pendidikan keguruan dan/atau tidak memiliki latar belakang pendidikan keguruan dan tidak menjalankan profesi keguruan dan/atau tenaga kependidikan lainnya

·       Anggota kehormatan yaitu Warga Negara Indonesia dan asing yang dianggap berjasa terhadap pendidikan dan keguruan Indonesia atau dunia

(  Sumber dari https://www.igi.or.id/keanggotaan-igi )

B.    Sekilas IGI Tentang Ikatan Guru Indonesia

Ikatan Guru Indonesia (IGI) adalah organisai guru yang diinisiasi sejak tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia dibawah kepemimpinan Ahmad Rizali Dan secara resmi berbadan hukum pada tanggal 26 November 2009 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009 dengan Ketua Umum Satria Dharma dan Sekjen Muhammad Ihsan dari Jatim serta Indra Djati Sidi dari Jawa Barat sebagai Ketua Dewan Pembina. Kepengurusan tahun 2016-2021 telah terdaftar di kementerian Hukum dan HAM dengan surat keputusan nomor AHU-0000308.A.H.01.08.Tahun 2016 dengan Ketua Umum Muhammad Ramli Rahim dari Sulawesi Selatan.

Kepengurusan tahun 2021-2026 terdaftar di kementerian hukum dan HAM IGI dengan surat keputusan nomor: AHU-0000332.AH.01.08 Tahun 2021 dengan Ketua Umum Danang Hidayatullah dari DKI Jakarta. Sejak mendapat pengesahan resmi dari pemerintah sebagai organisasi guru, IGI terus berkonsentrasi penuh pada peningkatan kompetensi guru. Bagi IGI, ujung pangkal dari semua persoalan pendidikan di Indonesia ada pada rendahnya kompetensi guru Indonesia baik kompetensi profesional, kompetensi paedagogik, kompetensi sosial maupun kompetensi kepribadian.

                                                    VISI
Menjadi Organisasi Profesi Guru yang mandiri, profesional, Inklusif, berwawasan global, dan mencerdaskan.”

                                        VISI  KEPENGURUSAN IGI 2021-2026
Membangun IGI sebagai Organisasi Profesi berkelas dunia yang adaptif, inovatif dan progresif serta dapat bersinergi dengan Organisasi Profesi Guru lainnya

                                                   TAGLINE
SINERGI IGI UNTUK INDONESIA
Bergerak, Menggerakkan, Perubahan
#igiuntukindonesia

Saat ini IGI memiliki kanal pelatihan yang cukup aktif meningkatkan kompetensi Guru dengan semangat Sharing and Growing together, ada kurang lebih 67 kanal pelatihan yang dapat diikuti oleh guru.

( Sumber dari https://www.igi.or.id/tentang-ikatan-guru-indonesia )

C.    Manfaat Bergabung di  IGI :

Setiap anggota IGI akan mendapatkan manfaat sebagai berikut :

Memiliki kewajiban dan hak sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan organisasi. Mendapatkan prioritas dan diskon dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan IGI. Mendapatkan diskon untuk berbelanja di berbagai merchant yang menjadi mitra IGI.

D.    Tujuan IGI : IGI memperjuangkan mutu, profesionalisme, dan kesejahteraan guru Indonesia, serta turut secara aktif mencerdaskan kehidupan bangsa.

E.    Fungsi dan Peran IGI  bagi pengembangan profesionalisme guru di Indonesia

Organisasi profesi memfasilitasi kesempatan belajar dan program pertukaran pengalaman di antara sesama anggota. Organisasi profesi guru seperti IGI  berperan dalam pengembangan profesionalisme berkelanjutan dari anggotanya termasuk menghadiri konferensi lokakarya secara teratur dengan motto : Share and Growing Together.

F.     Keanggotaan IGI : sampai saat ini keanggotaan IGI dari sabang sampai marauke berjumlah sekitar : 173.743 anggota IGI Seindonesia.                     

                         REKAP JAWABAN GURU-GURU IGI YANG HEBAT DAN KEREN

# 1. 1. Mengapa Bapak dan Ibu ikut organisasi profesi guru ?

Jawab : Dalam organisasi profesi guru, kita dapat menumpahkan keluh kesah serta menumpahkan ide ide kreatif untuk kemajuan Pendidikan Indonesia. Organisasi profesi juga menjadi wadah untuk memupuk kreativitas, dan mengasah kemampuan supaya terciptanya pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa serta menghasilkan luaran yang berkualitas.

2. Mengapa Bapak dan Ibu memilih IGI sebagai Orprof guru ?

Jawab : Jawabannya sederhana saja, yaitu :

I nspiratif sekali karena banyak orang orang hebat dan banyak ilmu yang di dapat

G ak mengapa meskipun masih honoroer tetapi IGI mau dan bersedia mewadahi dan mau mengembangkan bakat yang kita miliki

I tu sebabnya saya memilih IGI

Nama Lengkap : Nurdin Hidayat, S.Pd

Alamat Lengkap : Desa Gintung, Kec. Comal, Kab. Pemalang, Jateng

Asal IGI : Jawa Tengah  T.Tugas : SDN 01 Gintung

# 2. 1. Untuk peningkatan kompetensi diri sebagai seorang guru

2. Karena IGI menghadirkan banyak kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi guru baik melalui kegiatan offline maupun kegiatan online (daring) dalam kanal-kanal IGI.

Nama : Kasmir Syamsudin Male, S.Pd., Gr.

Alamat : Kel. Leok 1, Kec. Biau, Kab. Buol, Sulteng

Asal IGI : Sulteng Tempat Tugas : SMPN 5 Bukal

# 3. 1. Saya ingin meningkatkan kompetensi sesuai tupoksi

2. IGI tumbuh berkembang tiada henti untuk sinergi mencerdaskan pendidik sejati guna melahirkan anak-anak bangsa yang bermutu tinggi

3. Semangat di IGI yang selalu saya rindui tak henti memberikan arti pembelajaran bermakna yang sarat budi pekerti.

Nama : Trisa Kumalasari

Alamat Lengkap : Jl. prof. Dr. Moestopo No. 83 Kec. Ngadiluwih Kab. Kediri Jawa Timur

Asal IGI : Kabupaten Kediri T. Tugas : PAUD Bumi Pertiwi

# 4. 1. Mendapat pengakuan dan perlindungan dari organisasi profesi yang menangunginya.

2. Memilih IGI karena merasa bahwa IGI memiliki terobosan yang kreatif dan inovatif dalam usaha meningkatkan kompetensi guru dimasa depan

Nama Lengkap: T. Indra Kusuma PS, S.Psi

Alamat Lengkap: Kauman - Tulungagung. Jawa Timur

Asal IGI : Kab. Kediri T.Tugas :  SMPN 3 Kras Kab. Kediri

# 5. 1. Untuk meningkatkan kompetensi guru, ketika kompetensi Guru meningkat maka mutu pendidikan anak-anak bangsa anak meningkat pula.

2. Karena IGI memiliki tujuan untk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang Ilmu teknologi Canggih dngn memiliki banyak kanal dan berupaya setiap guru mampu mengesksplor kemampuannya untk dapat sukses pada setiap kanal tersebut hingga mendapatkan bukti keberhasilan yakni sertifikat yang dapat menunjang kelanjutan keprofesionalan seorang guru.

 

Di IGI juga bisa bersilaturahiim dengan orang-orang hebat yang ikhlas berbagi pengetahuannya

Di IGI saling membantu dengan tujuan tumbuh bersama, Itulah sebabnya saya memilih IGI

Nama Lengkap: Israwani A.B Mentemas, S.Pd

Alamat Lengkap: Jl.M.A Turungku No 149 RT 11, RW  3 Kel.Kali Kec.Biau Kab.Buol Sulteng

Asal IGI : Kab.Buol Sulteng

T.Tugas : Kepala Sekolah Penggerak SDN 4 Biau  Kec.Biau Kab.Buol Prop.Sulteng

# 6. 1. Meningkatkan kompetensi sebagai guru agar menjadi guru yang profesional.

2. a. Karena IGI adalah organisasi yang banyak action, dan kerja nyata yang memberi pelatihan dan ilmu yang berguna untuk para pendidik.

b.Organisasi yang solid, para pesertanya rela berkorban demi meningkatkan kompetensi pendidikan di Indonesia.

c.Banyak orang - orang yang handal dan rela berbagi.

d. Tetap bisa menggapai kancah dunia walau tak ada iuran bulanan para anggota.

Nama Lengkap: Sri Wuryaningsih, S.Pd

Alamat Lengkap: Rawa Kalong RT O01 RW 010 , Grogol-Limo,Depok

Asal IGI : DKI T.Tugas : Mts N 33 dan Mts N 4 Jakarta

# 7. 1. -Untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan diri sebagai guru

   - Sarana komunikasi efektif membangun sinergi dengan guru-guru yang lain

2.- Karena IGI komitmen memberi peningkatan kompetensi bagi guru-guru melalui berbagai  kegiatan baik on line maupun off line

- IGI terdepan memberikan perlindungan hukum terhadap guru

Nama : Herawati.S Pd

Alamat : Jalan Pattimura  No.5 Mamuju Sulawesi-Barat

Asal IGI : Mamuju Tempat Tugas : SMP Negeri 2 Mamuju

# 8. 1. Meningkatkan kompetensi sebagai guru agar menjadi guru yang profesional.

2. a. Semangat sharing and growing together yang membuat setiap anggota IGI yang memiliki ilmu pengetahuan berbeda tidak cukup pada diri sendiri melainkan untuk dibagi ke orang lain

    b. Tetap bergerak baik ada dana maupun tidak ada dana, untuk kemajuan pendidikan Indonesia

Nama Lengkap: LIA ULFA,S.ST

Alamat Lengkap: Jalan TGH lopan no. 57 mispalah kelurahan prapen kecamatan praya kab. Lombok tengah NTB

Asal IGI : IGI Wilayah  NTB T.Tugas : SMKN 1 PRAYA TENGAH Lombok Tengah NTB

# 9. 1. Karena sebutan GURU, haruslah belajar. Tidak ada kata berhenti untuk belajar. Sehingga nantinya guru akan menjadi guru profesional, dan niatkan semuanya sebagai ibadah. InsyaAllah jadi amal jariyah, amin.

2. Mengapa saya memilih IGI

1. PROFESIONAL

2. INTEGRITAS

3. VALUE JUJUR

4. HUMANITY

5. KESEDERHANAAN

lima point yang utama sebuah organisasi akan solid dan berkembang

Nama lengkap : Suhardi Astono

Alamat Lengkap :  Asrama Guru MAN 2 Pamekasan

Asal IGI : IGI Jawa Timur Kab. Pamekasan  T.Tugas : MAN 2 PAMEKASAN

# 10. Mengapa memilih IGI ?

"Karena visi dan misi IGI sangat mendukung profesi kita sebagai guru. Visi IGI adalah memperjuangkan mutu, profesionalisme, dan kesejahteraan guru Indonesia, serta turut secara aktif mencerdaskan kehidupan bangsa. Sedangkan Misinya adalah Mewujudkan peningkatan mutu, profesionalisme, kesejahteraan, perlindungan profesi guru, dan pengabdian kepada masyarakat

Mengapa memilih IGI sebagai Orprof ?

"Karena IGI merupakan Organisasi Profesi yang paling peduli dengan peningkatan mutu  profesionalisme (skill) seorang guru" , IGI is the best organization for all the teachers in Indonesia

Nama   : Suharni S.Pd

Alamat : Sulteng T.Tugas : MAN Biau

# 11. Kenapa guru harus ikut ORPROF Guru ?

1.     Karena guru harus memiliki kompetensi sebagaimana Dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 8, kompetensi guru meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang akan didapatkan jika mengikuti pendidikan profesi. Guru memerlukan wadah untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggota, sehingga kompetensi kependidikan yang handal pada diri tenaga kependidikan dapat terwujud melalui ORPROF

2. Mengapa saya memilih menjadi anggota  IGI ?

1. Karena IGI memiliki kepedulian terhadap profesi guru, sebagai tempat menampung ide dan gagasan, serta upaya penyelesaian masalah yang dihadapi yang berkaitan dengan pendidikan dan diselesaikan secara bersama, dengan Semangat kebersamaan, rasa saling mempercayai, serta dukungan bagi satu sama lain.

2. Karena IGI bermanfaat untuk memperjuangkan, meningkatkan dan mewujudkan mutu, profesionalisme, dan kesejahteraan guru Indonesia, serta turut secara aktif mencerdaskan kehidupan bangsa, memberikan perlindungan profesi guru, dan pengabdian kepada masyarakat.

Nama Lengkap : YUNI TYASTUTIANI, S.Pd.

Alamat lengkap : Jl.Kamboja RT 002/ RW 004 Desa Tawangrejo, kecamatan Binangun, Kab. Blitar, Jawa Timur kode post 66193

Asal IGI : Kabupaten Blitar T.Tugas : UPT SMP NEGERI 1 BINANGUN

 # 12. 1. Karena kebutuhan kita sendiri untuk mengembangkan kompetensi dan tetap update

2. IGI orprof yang menggandeng semua guru baik ASN ataupun Non ASN, kegiatannya luar biasa padahal tanpa iuran bulanan dan Guru-Guru yang bergabung ke IGI adalah orang-orang hebat tanpa pamrih (buktinya tanpa bayaran mereka rela turun kesekolah/madrasah di berbagai  pelosok negeri untuk berbagi ilmu serta wawasan )

 Nama Lengkap: HAIRUR RISQI       

Alamat Lengkap: dusun tengah desa sentol kec. Pademawu Kab. Pamekasan

Asal IGI : Kabupaten Pamekasan  T.Tugas : Sman 1 Waru Pamekasan

# 13. 1. Melalui partisipasi dalam organisasi profesi, guru dapat mengembangkan keterampilan, membangun jaringan, mempengaruhi perubahan, dan memperkuat identitas profesional mereka. Semua ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pengajaran dan membantu guru mencapai kesuksesan dalam karier.

2.     IGI adalah salah satu organisasi profesi yang benar benar di kelola oleh guru, dan bergerak di peningkatan kompetensi guru, dengan moto berbagi dan tumbuh bersama.

 

Nama Lengkap  : Suhardin, S.Pd

Alamat Lengkap: Jl. makila No. 22 Rt. 004 kelurahan letwaru kec. Kota masohi kab. Maluku tengah prop. Maluku

Asal IGI : Maluku T.Tugas : MAN 2 Maluku Tengah.

# 14. 1. Mengapa guru harus ikut Organisasi Profesi Guru ?

Guru harus ikut organisasi agar banyak yang didapat baik relasi dan pengetahuan baru yang berkembangan banyak hal hal baru yang didapat dikomunitas guru.

2. Mengapa saya memilih IGI ?

1.Semangat walaupun sulit dijalani tetap semangat

2.Cerdas Banyak orang orang cerdas didalamnya berpendidikan dan penuh integritas

3.Kreatif Materi yang disampaikan judul-judul nya kreatif dan inovatif

4.Bersahaja tidak memandang siapapun tetap bersahaja dengan yang lain

5.Inovatif banyak yang memberikan ide ide baru yang keren

Nama Lengkap : Siti Kurniati, MM.MPd

Alamat Lengkap: Cluster Pinang Asri Pamulang Timur Banten

Asal IGI : DKI Jakarta T.Tugas :  SMK MUHAMMADIYAH 13

#. 15. 1. Mengapa guru harus ikut Organisasi Profesi Guru ?

1. Alasan ikut organisasi profesi guru : Agar bisa berbagi, berdiskusi dan curah pendapat terkait tugas pokok guru, juga salah satu ciri guru profesional, membangun jaringan dan menjaga persaudaraan dan persatuan sesama guru

2. Salah satu standar priofesionalisme guru abad 21 adalah mengikuti organisasi profesi guru. Dengan mengikuti organisasi profesi guru, banyak manfaat yang didapat diantaranya untuk mendapatkan pelindungan profesi, meningkatkan kompetensi, memajukan profesi, karir, wawasan kependidikan, kesejahteraan dan pengabdian kepada masyarakat.

2. Mengapa saya memilih Orprof IGI ?

1. Karena bagi saya IGI fokus pada peningkatan profesionalisme guru, tidak berpolitik dan keberadaannya dirasakan bermanfaat.

2. Karena IGI sangat keren, resilience. Sejak bergabung dengan IGI, ilmu, pengalaman dan juga teman hebat saya bertambah. Banyak manfaat yang didapat bergabung dengan IGI.

Nama : Nono Kartono

Alamat : Perum Cempaka indah Garut

Asal IGI : IGI Garut

Tempat Tugas : SMK Ciledug Al-Musaddadiyah Garut

# 16. 5W 1H  untuk IGI

What 

IGI adalah ladang beramal dengan berbagi dan tumbuh bersama sebagai ajang bersilaturahmi untuk seluruh insan pendidikan mulai dari guru TK/KB, SD/MI, SMP,/MTS, SMA/SMK,  hingga para dosen atau pakar ilmu dan lembaga lain yang bersinergi dengan IGI.

Why

Mengapa saya memilih IGI. Jawabannya hanya singkat. Karena IGI saya tumbuh dan berkembang sebagai guru yang berkualitas. Terbang bersama IGI. Sudah banyak kota disinggahi yang menjadi pengalaman yang sangat menakjubkan hingga ke ujung Indonesia "Sabang"  Provinsi Aceh di tahun 2017, 2019 dan 2023 pada kegiatan Rakor. Untuk kedua kalinya  menapak di tanah Ambon Manise 2018 dan 2023

Who

Siapa IGI ?

IGI adalah organisasi yang LUAR BIASA dengan motto Sharing and Growing Together ( Berbagi dan Tumbuh Bersama)

Where

IGI ada di mana-mana. Hampir di seluruh pelosok daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Mungkin saja ada yang berdomisili di luar Indonesia. Itulah HEBATnya IGI

When

IGI lahir di tahun 2009. bangga jadi orang Balikpapan. Karena salah satu pendiri IGI Bapak Satria Darma pernah berdomisili di Balikpapan. Dari guru-guru di sekolah Beliau kami dapat mengenal IGI. Bersama Almarhum Bapak Sigit Sigalan sebagai Ketua IGI wilayah Kaltim pada saat itu.

How

Bagaimana IGI bergerak ?

Dengan mengusung slogan  Sharing and Growing Together menjadi jembatan kebaikan untuk seluruh kuli kapur agar dapat tumbuh bersama dan saling berbagi. Dengan adanya banyak kanal pelatihan menjadikan IGI slalu tumbuh dan berkembang bagi seluruh IGIER'S

Nama Lengkap: Masdiana, S. Pd

Alamat Lengkap: Perum. Puri Krg Joang KM 11 Balikpapan Utara Kota Balikpapan

Asal IGI : Kalimantan Timur  T.Tugas :  TK Melati Balikpapan

 

 

 

 

 

 

Demikianlah secuil tulisan dari jawaban bapak dan ibu dari berbagai daerah yang dapat kami rangkumkan, terima kasih kepada semua pihak, kepada Bapak Satria Dharma, Bapak Mulyadin Harahap, Ibu Dewi Sri Indriati Kusuma yang bersedia memberikan tanggapan, masukan serta saran atas tulisan yang ringkas ini,  guru saya Bapak Amru  yang bersedia untuk membimbing saya sehingga dapat kita baca tulisan ini di website.

Nama                           : Nazaruddin S.Pd.I

Alamat                        : Desa Lubuk Kertang Langkat Sumut

Asal IGI                      : IGI Sumut

T.Tugas                       : Mts Swasta Madinatul Ilmi

WA                             : 081396896623

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TANGGAPAN, SARAN, SERTA KRITIK DARI TOKOH DAN PENGURUS IGI ATAS TULISAN YANG RINGKAS INI

* Tulisan yang bagus dan merupakan refleksi dari pengalaman nyata dari para guru yang telah bergabung dengan IGI. Mereka jelas memperoleh manfaat nyata dari berbagai kegiatan yang diadakan oleh para guru yang bergabung dengan IGI selama ini.

( Penggagas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud Satria Dharma )

* Menurut saya tulisan yang ringkas ini sangat cocok dibaca untuk guru-guru yang belum bergabung di organisasi profesi guru, karena salah satu cara meningkatkan kompetensi seorang guru adalah bergabung dengan salah satu organisasi profesi guru yang ada di Indonesia. Ada banyak organisasi profesi guru yang diakui pemerintah, salah satu dari sekian banyak organisasi profesi itu adalah Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang sudah berdiri sejak tahun 2000 dan telah mendapat pengakuan dan pengesahan Kementrian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) pada tahun 2009. Secara pribadi saya mengapresiasi atas terbitnya tulisan bapak Nazaruddin dan guru-guru keren dari berbagai daerah ini, diawali dari diskusi ringan dan santai di sebuah  di group WA dimana kemudian dari diskusi tersebut timbullah ide untuk di publish, walau sampai tahap ke website dan medsos, sehingga guru-guru yang belum tergabung di organisasi profesi termotivasi untuk segera bergabung karena kegiatan-kegiatan yang dilakukan organisasi profesi sangat bermanfaat bagi para guru yang ingin maju dan berkembang. Saran saya kiranya tulisan dan tanggapan para guru dibuat sesuai dengan tata bahasa yang jelas, dengan kaidah sebuah tulisan, dan lebih baik lagi jika dibuat dalam bentuk buku misalnya : antologi atau lainnya, agar dapat dibaca teman-guru di seluruh Indonesia.

( Muliadin Harahap Wakil Ketua Umum 1 Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI )

* Membaca Judul tulisan Bapak Nazaruddin dan Guru-guru Hebat dari berbagai daerah ini yg berjudul " Menjadi Guru Paripurna bersama IGI " Begitu apik, mengalir dan menambah wawasan kita semua, apalagi dari berbagai sudut pandang yang berawal dari diskusi ringan di grup WA dapat menjadi sebuah tulisan ringkas yang menggugah kita semua sebagai tenaga pendidik, sebagai salah satu pilar pencerdas anak bangsa, untuk selalu belajar, pantang berhenti belajar, serta pantang merasa lebih pintar dan lebih hebat.

 

Salah satu point pertanyaan hasil  diskusi Bapak Nazaruddin DKK Tersebut , kenapa kita sebagai pendidik harus ikut berpartisipasi dalam  membangun mutu pendidikan melalui gabung di Organisasi profesi guru, atas dasar itulah akhir nya terbitlah tulisan yang ringkas ini, walau masih lewat Online, kesimpulan nya bahwa tidak ada rugi nya jika kita bergabung di organisasi profesi guru, sebagai wadah kita belajar dan menambah jaringan guru dari berbagai daerah. Sedangkan untuk saran, belum pantas rasa nya untuk memberikan saran serta masukan kepada Bapak Nazaruddin  DKK ini, begitu berisi dan enak untuk dibaca, sehingga sulit untuk dicari titik kekurangan dan kesalahan dalam penulisan , apalagi di awal tulisan kita semua sudah disuguhi dengan pantun dan puisi sebagai ciri khas warga Langkat. Kami doakan semoga para penulis sukses dan istikomah mengabdi di Organisasi profesi guru yang bernama IGI ini, saya yakin bapak dan ibu semua pasti berkeinginan menjadi bagian dalam mencerdaskan anak-anak bangsa agar pendidikan di Indonesia semakin baik kedepan nya, tentu nya mari kita tingkatkan kompetensi kita sebagai tenaga pendidik dengan mengikuti berbagai pelatihan, diklat, dan berbagai kegiatan yang muara nya untuk meningkatkan kompetensi kita. Semoga tulisan jilid pertama ini dapat melahirkan kembali tulisan jilid kedua dan berbentuk sebuah buku, dengan judul yang tak kalah menarik nya dari karya bapak dan ibu yang keren ini. Salam Hormat dari saya, Share and Growing Together

( Dewi Indriati Kusuma M.Si Ketwil IGI Prov.Sumut )


Saya Adalah Salah satu guru Bahasa Arab di Mts Madinatul Ilmi Desa Lubuk Kertang

Posting Komentar